Jumat, 29 November 2019

Apa Itu Ulkus Dekubitus? Inilah Penjelasan Lengkapnya

Ulkus dekubitus adalah luka pada kulit serta jaringan di bawahnya yang diakibatkan adanya tekanan berkepanjangan pada kulit. Kondisi ini banyak terjadi pada area kulit yang menyelubungi bagian tubuh yang bertulang, di antaranya punggung, panggul, pergelangan kaki, pantat, dan tulang ekor. Kondisi ini bisa dialami siapa saja, tetapi lebih berisiko dialami orang dalam kondisi medis tertentu yaitu dengan keterbatasan gerak.

Gejala Ulkus Dekubitus

Gejala Ulkus Dekubitus

Faktanya, setiap penderita ulkus dekubitus merasakan berbagai gejala khusus dan berlangsung secara bertahap. Gejala yang dimaksud di antaranya adalah mengalami perubahan warna kulit, sakit di area yang terinfeksi, dan mengalami infeksi yang bertahap. Dalam kondisi yang lebih parah, kulit luarnya bisa mengelupas. Area yang terkena luka juga menjadi lebih pucat saat disentuh. Hal tersebut terjadi karena jaringan kulitnya melunak dibandingkan area sekitarnya.

Dalam beberapa kasusnya, terdapat perbedaan letak luka dan gejala yang dialami. Pada pengguna kursi roda, luka akan muncul di area pantat, tulang belakang, tulang ekor, tulang belikat, punggung lengan, dan kaki yang bersandar di kursi roda. Berbeda halnya pada orang yang hanya berbaring di tempat tidur. Umumnya, mereka mengalami luka di belakang serta samping kepala, tulang belikat, pinggul, punggung bagian bawah, tulang ekor, tumit, pergelangan kaki, serta di bagian belakang lutut.

Selain perbedaan kasus yang menyebabkan perbedaan letak dan keparahan luka, terdapat tingkatannya juga. Menurut penjelasan di situs medi-call.id, tingkatan pada ulkus dekubitus adalah terdiri dari 6 tingkat karakteristik luka yang muncul. Tingkat pertama adalah adanya luka berupa perubahan warna di area kulit tertentu, misalnya berupa warna kemerahan atau kebiruan, disertai rasa sakit ataupun gatal di area kulit tersebut.

Tingkat kedua ulkus dekubitus yang dialami adalah timbul luka lecet atau terbuka pada area yang terkena luka yaitu yang sirkulasi udaranya terbatas. Luka lecet tersebut menyebabkan kulit luar hilang dan membentuk luka melepuh atau membentuk lubang yang dangkal. Tingkat ketiga adalah berupa luka terbuka sampai beberapa lapisan kulit yang lebih dalam lagi, namun belum mengenai tulang.

Tingkat yang keempat ulkus dekubitus adalah berupa luka terbuka yang sangat dalam sampai mencapai otot serta tulang. Tulang atau tendonnya dapat diraba dan kedalaman lukanya ini berbeda sesuai dengan anatomi tubuhnya. Tingkat kelimanya adalah sudah kehilangan jaringan secara penuh, bahkan di bagian dasar luka yang tertutup oleh jaringan mati berwarna cokelat atau hitam. Tingkatan keenamnya adalah adanya perubahan warna merah atau ungu di area yang terluka. Meskipun kulit tetap utuh, tetap terjadi kerusakan di jaringan lunak.

Pengobatan untuk Menangani Ulkus Dekubitus

Pengobatan untuk Menangani Ulkus Dekubitus

Seseorang yang tidak bisa bergerak dalam waktu lama, baik saat di tempat tidur ataupun di kursi roda, perlu rutin diperiksa oleh anggota keluarga ataupun perawat yang menjaga. Hal ini bertujuan agar dapat diketahui kondisi kesehatan kulitnya secara dini, termasuk pemeriksaan pada kemungkinan mengalami ulkus dekubitus.

Apabila sudah muncul gejala pada tingkat pertama, segera konsultasikan kondisi penderitanya ke dokter. Dokter beserta tim medis akan memberikan perawatan luka sekaligus mengajarkan tahapan merawat luka kepada anggota keluarga penderita serta orang yang merawat penderita. Selain menangani luka tersebut, berbagai cara pengobatan juga perlu dilakukan agar bagian yang terluka tidak semakin parah dan juga bagian lain tidak mengalaminya.

Ulkus dekubitus adalah kondisi luka pada kulit yang bisa semakin parah. Untuk itu, diperlukan pengurangan tekanan dengan cara sering berganti posisi dan menggunakan permukaan yang mendukung sirkulasi udara, misalnya matras, tempat tidur atau bantalan yang mendukung pergerakan badan, sehingga bisa melindungi kulit agar tak terluka akibat tekanan alas tidur atau alas duduk yang keras.

Mengonsumsi obat tertentu juga menjadi cara menyembuhkan luka. Obat yang diresepkan dokter untuk penderita ulkus dekubitus adalah obat anti inflamasi, antibiotik, dan pereda nyeri. Konsultasi untuk mengonsumsi makanan sehat juga diberikan oleh dokter demi menjaga kesehatan kulit untuk mempercepat penyembuhan luka.

Sumber Artikel:
www.sehatq.com
www.alodokter.com
medi-call.id

Sumber Gambar:
baktiprajamedika.com
www.honestdocs.id