Minggu, 12 Januari 2020

Cara Membuat Pewangi Ruangan dengan Bahan Alami


Memiliki rumah yang terhindar dari bau kurang sedang dapat membuat penghuni rumah merasa betah untuk menghuninya. Untuk menghindari bau yang kurang sedap, ruangan di dalam rumah biasanya dilengkapi dengan pengharum ruangan. Ada banyak merk pengharum ruangan yang dapat Anda temukan di pasaran. Setiap merk pengharum ruangan tersebut menawarkan aroma atau bau yang beragam sehingga konsumen dapat memilihnya berdasarkan dengan aroma yang mereka inginkan.

Cara Membuat Pewangi Ruangan dengan Bahan Alami

Jika Anda bosan dengan aroma pewangi ruangan yang dijual di pasaran, Anda dapat membuatnya sendiri di rumah. Untuk membuat pengharum ruangan sendiri, Anda tidak perlu melakukan hal-hal yang rumit. Anda bahkan dapat menemukan bahan pembuat pengharum ruangan dengan mudah dan membelinya di pasar. Karena tidak mengandung bahan kimia, pengharum ruangan yang Anda buat dapat Anda hirup secara terus menerus.

Bahan alami merupakan jenis bahan yang dapat Anda gunakan untuk mengharumkan ruangan di dalam rumah. Dalam pembuatan pengharum pada ruangan yang berada di dalam rumah, ada jenis bahan alami yang dapat Anda gunakan. Cara pembuatan pengharum untuk ruangan dapat dilakukan dengan beberapa pilihan. Rumah123.com telah merangkum beberapa penjelasan mengenai cara pembuatan pengharum alami yang nantinya dapat Anda manfaatkan di rumah. Berikut cara-caranya :

Pewangi spray merupakan bentuk pengharum pada ruangan rumah yang dapat Anda buat sendiri di rumah. Ketika memanfaatkan jenis pewangi ini, Anda dapat menggunakannya dengan cara menyemprotnya pada ruangan. Metode pembuatan pewangi spray dapat dilakukan denga cara yang mudah. Anda hanya cukup memasukkan bahan-bahan pembuat pewangi spray pada sebuah botol. Untuk membuat pewangi spray, Anda harus memastikan bahwa bahan alami yang digunakan untuk pembuatan pengharum haruslah memiliki aroma yang kuat.

Cara membuat pewangi spray adalah dengan mengiris-ngiris bahan buah atau menyobek bunga yang akan dijadikan bahan pengharum. Beri sedikit alkohol pada bahan pembuat pengharum dan biarkan selama semalam. Semakin lama Anda menyimpan bahan pengharum ini, semakin kuat pula aroma yang akan ditimbulkan oleh pewangi spray. Setelah disimpan, pewangi spray dapat Anda manfaatkan segera.
Infused perfume menjadi cara lainnya yang dapat Anda buat untuk mengharumkan ruangan. Dalam pembuatan pengharum jenis ini, Anda hanya cukup menyediakan air dan bahan pewangi sebagai bahan utamanya. Jika Anda suka akan aroma segar, bahan pewangi yang berasal dari buah-buahan merupakan pilihan terbaik. Jika ingin aroma yang manis, Anda dapat menggunakan bunga sebagai bahan pembuat infused perfume.

Pembuatan infused perfume dapat dilakukan dengan mencapurkan bahan-bahan utama pembuat pengharum ruangan. Setelah dicampur dan diberi tambahan air, Anda harus merebus bahan-bahan tersebut. Jika Anda telah mencium aroma wangi dari bahan yang direbus, Anda dapat memasukkan air dan isi rebusan ke dalam sebuah botol. Infused perfume dapat langsung Anda letakkan pada ruangan yang membutuhkan pengharum.

Untuk mengharumkan ruangan, Anda dapat pula membuat gel air freshener di rumah. Untuk membuat gel pewangi ini, Anda harus menyediakan minyak aroma terapi, garam, air dan gelatin. Pembuatan gel pewangi dapat dimulai dengan menuang air mendidih ke dalam wadah dan taburkan gelatin ke dalamnya. Aduk bahan secara merata sehingga gelatin larut dengan sempurna. Beri tambahan aroma terapi secukupnya pada campuran gelatin dan air yang telah diaduk sebelumnya.

Agar gel pewangi memiliki tampilan yang menarik, Anda dapat menambahkan potongan bunga atau kulit buah kering ke dalam gel pewangi. Masukkan gel pewangi ke dalam wadah yang terbuat dari kaca dan biarkan hingga gel pewangi dingin dengan sempurna.